Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Kelas 1 SD melalui Penggunaan Puzzle Huruf Bergambar dengan Kantong Doraemon: Pendekatan Model Kuasai Eksperimen
Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan anak-anak. Pada tahap awal pendidikan, seperti siswa kelas 1 SD, penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penggunaan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon. Puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon adalah alat pembelajaran yang menggabungkan unsur permainan dan pendidikan. Dalam metode ini, siswa akan diberikan puzzle huruf bergambar yang terdiri dari huruf-huruf yang harus disusun menjadi kata-kata yang sesuai dengan gambar yang ada. Puzzle ini disimpan dalam kantong Doraemon yang menambah daya tarik dan kegembiraan siswa. Metode kuasai eksperimen adalah pendekatan yang efektif dalam mengukur efektivitas penggunaan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon pada siswa kelas 1 SD. Dalam metode ini, dilakukan pretes dan postes eksperimen pada kelompok siswa yang menggunakan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon dan kelompok siswa yang tidak menggunakan alat tersebut. Data hasil belajar siswa diukur dan dibandingkan untuk melihat peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Kelompok siswa yang menggunakan alat ini menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman huruf dan kata-kata dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan alat tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran pada siswa kelas 1 SD. Dalam kesimpulan, penggunaan puzzle huruf bergambar dengan kantong Doraemon dengan pendekatan model kuasai eksperimen dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas 1 SD. Metode ini menggabungkan unsur permainan dan pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Dengan menggunakan alat ini, siswa dapat lebih mudah memahami huruf dan kata-kata, meningkatkan hasil belajar mereka.