Meningkatkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Sempoa pada Siswa Kelas 2 SDN Wono Agung

essays-star 4 (318 suara)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung siswa kelas 2 SDN Wono Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Dalam penelitian ini, media pembelajaran sempoa dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Pertama, media ini dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep matematika secara konkret. Dengan menggunakan sempoa, siswa dapat melihat dan merasakan angka-angka serta operasi hitung yang dilakukan. Hal ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan lebih baik. Selain itu, media pembelajaran sempoa juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dalam penggunaan sempoa, siswa harus aktif dalam memindahkan manik-manik untuk melakukan operasi hitung. Hal ini dapat membuat siswa lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung. Rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 20% setelah menggunakan media pembelajaran sempoa. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep matematika dan kemampuan dalam melakukan operasi hitung. Dalam konteks dunia nyata, penggunaan media pembelajaran sempoa juga dapat memberikan manfaat yang lebih luas. Media ini dapat digunakan oleh guru dalam mengajar matematika di kelas, serta dapat digunakan oleh orang tua dalam membantu anak-anak mereka belajar matematika di rumah. Dengan menggunakan media pembelajaran sempoa, diharapkan pembelajaran matematika dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Dalam kesimpulan, penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung siswa kelas 2 SDN Wono Agung. Media ini dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep matematika secara konkret dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar media pembelajaran sempoa dapat digunakan secara luas dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah.