Identifikasi Masalah Pembelajaran Peserta Didik di SMK

essays-star 4 (299 suara)

Masalah pembelajaran adalah kesenjangan antara tujuan yang direncanakan dengan realisasi pencapaian oleh siswa di SMK Maarif 2 Gombong. Tujuan pembelajaran terbagi menjadi dua hal, yaitu capaian kompetensi (KD/TP) dan proses pencapaian kompetensi (proses belajar). Dalam terminologi ABCD (Audience, Behavior, Condition, and Degree), B dan D merupakan representasi capaian kompetensi, sedangkan C adalah proses pencapaiannya. Identifikasi masalah adalah proses menemukan kesenjangan yang terjadi pada proses pembelajaran peserta didik di SMK Maarif 2 Gombong. Hal ini penting untuk memahami dan mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain adalah kurikulum yang digunakan, metode pembelajaran yang diterapkan, kualitas guru, motivasi siswa, dan lingkungan belajar. Kesenjangan antara tujuan yang direncanakan dan realisasi pencapaian oleh siswa dapat disebabkan oleh faktor-faktor ini. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kurikulum yang tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Kurikulum yang terlalu padat atau tidak relevan dengan dunia kerja dapat membuat siswa kehilangan minat dan motivasi dalam belajar. Selain itu, metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif juga dapat menyebabkan siswa menjadi bosan dan tidak tertarik dalam proses pembelajaran. Kualitas guru juga memainkan peran penting dalam proses pembelajaran. Guru yang tidak kompeten atau kurang berpengalaman dapat menghambat kemampuan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, motivasi siswa juga menjadi faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Siswa yang kurang termotivasi cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran dan sulit mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Lingkungan belajar juga dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Lingkungan yang tidak kondusif, seperti ruang kelas yang tidak nyaman atau kurang fasilitas, dapat mengganggu konsentrasi siswa dan mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kualitas kurikulum, mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, meningkatkan kompetensi guru, memotivasi siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka dalam proses pembelajaran di SMK Maarif 2 Gombong.