Analisis Kestabilan dan Keseimbangan Pesawat dengan Model Kombinasi Wing-Body dan Horisontal Tail
Pesawat baru yang sedang dikembangkan menggabungkan model kombinasi Wing-Body dengan Horisontal Tail. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis kestabilan dan keseimbangan pesawat berdasarkan data pengujian yang diperoleh dari Subsonic Wind Tunnel. Pada pengujian, model pesawat dengan ukuran Wing Area $S_{W}=0.10m^{2}$ dan Wing Chord $C=0.10m$ menghasilkan data sebagai berikut: pada $\alpha =-1.5^{\circ}$, $C_{L}=0$, dan pada $\alpha =5^{\circ}$, $C_{L}=0.52$. Posisi C.g $h_{cg}=0.35C$ dan pada $\alpha =1^{\circ}$, $C_{M_{cg}}=-0.01$. Selanjutnya, Horisontal Tail ditambahkan ke pesawat. Jarak antara C.g ke aerodynamic center (a.C.) Tail adalah $l_{t}=0.17m$, Horisontal Tail Area $S_{t}=0.02m^{2}$, Horisontal Tail setting $i_{t}=-2.7^{\circ}$, dan Tail Lift curve slope $a_{t}=0.1/$ degree. Dari pengujian, diperoleh $\varepsilon _{0}=0^{\circ}$ dan $\frac {\partial z}{\partial \alpha }=\varepsilon _{\alpha }=0.35$. Pertanyaan yang akan dijawab dalam artikel ini adalah: a. Bagaimana menghitung $h_{ac}(WB)$ dan $C_{MC(WB)}$? b. Berapakah $C_{M_{cg}}$ pada $\alpha =7.88^{\circ}$? Apakah pesawat stabil dan seimbang? c. Jika diasumsikan $\eta _{t}=1$, bagaimana menentukan Neutral Point? d. Berapa sudut elevator deflection $(\delta _{e})$ yang diperlukan untuk men-trim pesawat pada kecepatan $V=61m/s$ pada sea level? Artikel ini akan memberikan analisis mendalam tentang kestabilan dan keseimbangan pesawat dengan model kombinasi Wing-Body dan Horisontal Tail.