Jumlah Siklus dalam CAR Kemis & Tagart

essays-star 4 (239 suara)

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jumlah siklus yang ada dalam CAR Kemis & Tagart. CAR (Cyclic Action Research) adalah metode penelitian yang digunakan untuk memahami dan memperbaiki praktik pendidikan. Kemis & Tagart adalah dua peneliti terkenal yang telah mengembangkan CAR sebagai alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Siklus pertama dalam CAR Kemis & Tagart adalah siklus perencanaan. Dalam siklus ini, guru dan peneliti bekerja sama untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Mereka mengidentifikasi tujuan pembelajaran, merancang aktivitas yang relevan, dan menentukan metode evaluasi yang akan digunakan. Perencanaan yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik. Siklus kedua adalah siklus tindakan. Dalam siklus ini, guru dan peneliti melaksanakan rencana pembelajaran yang telah mereka buat. Mereka mengajar siswa, mengamati proses pembelajaran, dan mencatat data yang relevan. Selama siklus tindakan, guru dan peneliti juga berkolaborasi dengan siswa dan orang tua untuk mendapatkan umpan balik yang berharga. Siklus ketiga adalah siklus refleksi. Setelah melaksanakan rencana pembelajaran, guru dan peneliti melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran. Mereka menganalisis data yang telah dikumpulkan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari pembelajaran yang telah dilakukan, dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di siklus berikutnya. Siklus terakhir adalah siklus penelitian. Dalam siklus ini, guru dan peneliti menganalisis data yang telah dikumpulkan selama siklus tindakan dan refleksi. Mereka mengidentifikasi temuan yang signifikan, membuat kesimpulan, dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut. Siklus penelitian ini penting untuk memastikan bahwa CAR Kemis & Tagart terus berkembang dan memberikan manfaat yang maksimal bagi praktik pendidikan. Dalam kesimpulannya, CAR Kemis & Tagart terdiri dari empat siklus utama: perencanaan, tindakan, refleksi, dan penelitian. Setiap siklus memiliki peran penting dalam memahami dan memperbaiki praktik pendidikan. Dengan menggunakan CAR Kemis & Tagart, guru dan peneliti dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.