Analisis Validitas Instrumen Sikap dan Pengetahuan Siswa terhadap Pembelajaran Daring ##

essays-star 4 (288 suara)

Pendahuluan Pembelajaran daring telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan di era digital. Untuk memastikan efektivitas pembelajaran daring, penting untuk mengukur sikap dan pengetahuan siswa terhadap metode pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas instrumen sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring. Validitas instrumen diuji menggunakan analisis butir dengan bantuan program SPSS. Hasil dan Pembahasan Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring memiliki validitas yang tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R hitung yang lebih besar dari R tabel pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring yang digunakan dalam penelitian ini valid dan dapat digunakan untuk mengukur sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring. Saran Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan melibatkan berbagai jenis sekolah untuk mendapatkan hasil yang lebih general. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk menguji reliabilitas instrumen. Refleksi Penelitian ini memberikan informasi penting tentang validitas instrumen sikap dan pengetahuan siswa terhadap pembelajaran daring. Hal ini dapat membantu para pendidik dalam memahami dan mengukur efektivitas pembelajaran daring. Catatan: * Data yang diberikan dalam input tidak cukup untuk melakukan analisis validitas yang lengkap. * Konten ini hanya contoh dan perlu disesuaikan dengan data dan hasil analisis yang sebenarnya. * Pastikan untuk menyertakan referensi yang relevan dalam artikel Anda.