Efektivitas Model Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Pembelajaran di SD Lintang

essays-star 4 (312 suara)

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang efektivitas model pembelajaran kelas rangkap yang diterapkan oleh Pak Dani di SD Lintang. Pak Dani bertugas mengajar di Kelas V dan VI, dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 10 dan 16 siswa. Kegiatan pembelajaran direncanakan selama 70 menit, dengan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan Pendahuluan: Pak Dani melakukan kegiatan pendahuluan di masing-masing ruang kelas selama 10 menit secara bergantian. Ia memberikan pengantar dan pengarahan umum di kelas V terlebih dahulu, kemudian beralih ke kelas VI. Pendahuluan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam memahami materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti: Pak Dani memulai pembelajaran di kelas V dengan menjelaskan materi faktor-faktor penyebab penjajahan di Indonesia. Sementara itu, kelas VI masih menunggu Pak Dani. Beberapa siswa kelas V mengajukan pertanyaan dan Pak Dani memberikan tugas kepada mereka. Waktu yang dihabiskan oleh Pak Dani di kelas V adalah selama 20 menit. Setelah itu, Pak Dani beralih ke ruang kelas VI untuk membelajarkan mengenai makna proklamasi kemerdekaan selama 20 menit. Kegiatan inti ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa mengenai materi yang diajarkan. Kegiatan Penutup: Setelah selesai mengajar di kelas VI, Pak Dani kembali ke Kelas V untuk melakukan review materi dan menutup kegiatan pembelajaran selama 10 menit. Selanjutnya, Pak Dani menutup pembelajaran di Kelas VI selama 10 menit. Kegiatan penutup ini bertujuan untuk mereview kembali materi yang telah diajarkan dan memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam analisis kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani, terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Pertama, waktu yang dihabiskan di kelas V lebih lama dibandingkan di kelas VI. Hal ini dapat mengakibatkan siswa di kelas VI merasa terlantar dan kurang mendapatkan perhatian yang cukup. Kedua, kegiatan pendahuluan hanya dilakukan secara bergantian di masing-masing ruang kelas. Hal ini dapat mengakibatkan siswa di kelas V dan VI tidak mendapatkan pengantar dan pengarahan secara bersamaan. Ketiga, kegiatan penutup juga dilakukan secara terpisah di masing-masing kelas. Hal ini dapat mengakibatkan siswa tidak mendapatkan kesimpulan yang sama dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam kesimpulannya, model pembelajaran kelas rangkap yang diterapkan oleh Pak Dani di SD Lintang memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki. Diperlukan penyesuaian waktu yang lebih seimbang antara kelas V dan VI, serta pengaturan kegiatan pendahuluan dan penutup yang dilakukan secara bersamaan. Dengan melakukan perbaikan ini, diharapkan pembelajaran di SD Lintang dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa.