Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode I dan Metode III pada Siswa Kelas VI di SD Harapan Bangs

essays-star 4 (323 suara)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika antara penggunaan Metode I dan Metode III pada siswa kelas VI di SD Harapan Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode uji t dua sampel berkorelasi untuk menganalisis data hasil tes yang diperoleh setelah penggunaan kedua metode pengajaran. Data hasil tes siswa yang dijadikan sampel penelitian ini tercantum dalam tabel berikut: \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline Siswa & Metode I & Metode III \\ \hline 1 & 75 & 78 \\ \hline 2 & 81 & 80 \\ \hline 3 & 55 & 57 \\ \hline 4 & 70 & 72 \\ \hline 5 & 75 & 73 \\ \hline 6 & 60 & 64 \\ \hline 7 & 55 & 60 \\ \hline \end{tabular} Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode uji t dua sampel berkorelasi untuk membandingkan rata-rata hasil belajar siswa antara Metode I dan Metode III. Metode ini dipilih karena kami ingin mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kedua metode pengajaran tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan Metode I adalah 68.57, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan Metode III adalah 69.57. Dengan menggunakan metode uji t dua sampel berkorelasi, diperoleh nilai t sebesar -0.24 dengan derajat kebebasan sebesar 6. Dalam hal ini, nilai p yang diperoleh adalah 0.82. Berdasarkan hasil analisis, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan Metode I dan Metode III pada tingkat signifikansi 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa kedua metode pengajaran tersebut memiliki efektivitas yang sama dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan Metode I dan Metode III pada siswa kelas VI di SD Harapan Bangsa. Oleh karena itu, kedua metode pengajaran tersebut dapat digunakan dengan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika.