Analisis Tinggi Badan Siswa dalam Kelompok Tertentu
Tinggi badan siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan mereka. Dalam sebuah penelitian, tinggi badan sekelompok siswa diukur dan hasilnya disajikan dalam tabel berikut: Tinggi badan (dalam cm) Frekuensi 130-134 6 135-139 8 140-144 7 145-149 6 150-154 4 155-159 9 Dalam analisis ini, kita akan mencari nilai kuartil bawah dari tinggi badan siswa dalam kelompok tertentu. Kuartil bawah adalah nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama besar, di mana 25% dari data berada di bawah nilai tersebut. Untuk mencari nilai kuartil bawah, kita perlu mengurutkan data tinggi badan siswa dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setelah itu, kita dapat menggunakan rumus berikut: Q1 = (n + 1) / 4 Dimana Q1 adalah nilai kuartil bawah dan n adalah jumlah data. Dalam kasus ini, terdapat 6 + 8 + 7 + 6 + 4 + 9 = 40 data tinggi badan siswa. Oleh karena itu, kita dapat menghitung nilai kuartil bawah sebagai berikut: Q1 = (40 + 1) / 4 = 41 / 4 = 10.25 Dalam tabel yang diberikan, terdapat 6 siswa dengan tinggi badan 130-134 cm, 8 siswa dengan tinggi badan 135-139 cm, 7 siswa dengan tinggi badan 140-144 cm, 6 siswa dengan tinggi badan 145-149 cm, 4 siswa dengan tinggi badan 150-154 cm, dan 9 siswa dengan tinggi badan 155-159 cm. Dengan demikian, nilai kuartil bawah dari tinggi badan siswa dalam kelompok tertentu adalah 137.5 cm. Ini berarti 25% dari siswa memiliki tinggi badan di bawah 137.5 cm. Analisis ini memberikan wawasan tentang distribusi tinggi badan siswa dalam kelompok tertentu. Dengan memahami distribusi ini, kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan kesehatan dan perkembangan yang optimal bagi siswa.