Kegiatan Diklat PMR di Sekolah XYZ

essays-star 4 (220 suara)

Kegiatan diklat Palang Merah Remaja (PMR) di Sekolah XYZ dimulai dengan ice breaking menggunakan permainan "PMR Kornita Berkata". Tujuan dari ice breaking ini adalah untuk memperkenalkan anggota PMR satu sama lain dan menciptakan suasana yang nyaman dan akrab di antara mereka. Setelah ice breaking, materi selanjutnya adalah pertolongan pertama. Anggota PMR diberikan penjelasan tentang pentingnya pertolongan pertama dan melakukan sedikit praktik, seperti pembidaian di area kaki, pembalutan, dan penanganan luka bakar. Materi ini sangat penting agar anggota PMR dapat menghindari kecerobohan saat menangani korban kecelakaan. Setelah materi pertolongan pertama, dilakukan post-tes untuk mengukur pemahaman anggota PMR. Setelah itu, dilakukan permainan tebak kata untuk mengasah keterampilan berpikir cepat dan kreativitas anggota PMR. Kegiatan ishoma (istirahat makan) dilakukan sekitar jam 1 siang. Namun, kali ini kegiatan ishoma agak terlambat karena faktor hujan. Setelah anggota dan pembina selesai makan bersama, mereka melanjutkan dengan ibadah bersama di musola. Setelah selesai sholat, anggota diberi waktu 10 menit untuk menghabiskan bekal mereka. Menariknya, bekal yang sudah dicampur menjadi satu diletakkan di atas kertas nasi dan dimakan bersama dengan anggota lainnya. Selain itu, mereka juga harus minum 1 ½ gelas air yang harus habis untuk 7 orang. Kesimpulan dari kegiatan diklat PMR di Sekolah XYZ adalah bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota PMR dalam pertolongan pertama. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara anggota PMR dan menciptakan rasa kebersamaan di antara mereka. Dengan adanya kegiatan ishoma dan ibadah bersama, anggota PMR juga diajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan beribadah secara bersama-sama. Kegiatan diklat PMR di Sekolah XYZ merupakan langkah yang positif dalam membentuk generasi muda yang peduli dan siap membantu sesama.