Peran Postpositivisme dalam Pengembangan Teori Pendidikan

essays-star 4 (165 suara)

Postpositivisme adalah paradigma dalam penelitian pendidikan yang menekankan pada pengetahuan yang bersifat tentatif. Paradigma ini mengakui bahwa pengetahuan yang kita miliki tentang dunia tidak sepenuhnya objektif dan selalu terbuka untuk revisi. Dalam konteks pendidikan, postpositivisme berperan dalam memandu pengembangan teori dan praktek pendidikan yang berdasarkan pada bukti empiris, namun tetap mempertimbangkan konteks sosial dan budaya di mana pendidikan berlangsung.

Apa itu postpositivisme dalam konteks pendidikan?

Postpositivisme adalah paradigma dalam penelitian pendidikan yang menekankan pada pengetahuan yang bersifat tentatif. Paradigma ini mengakui bahwa pengetahuan yang kita miliki tentang dunia tidak sepenuhnya objektif dan selalu terbuka untuk revisi. Dalam konteks pendidikan, postpositivisme berperan dalam memandu pengembangan teori dan praktek pendidikan yang berdasarkan pada bukti empiris, namun tetap mempertimbangkan konteks sosial dan budaya di mana pendidikan berlangsung.

Bagaimana postpositivisme mempengaruhi pengembangan teori pendidikan?

Postpositivisme mempengaruhi pengembangan teori pendidikan dengan cara memandu peneliti untuk selalu mencari bukti empiris dalam mengembangkan dan menguji teori. Paradigma ini juga mendorong peneliti untuk mempertimbangkan konteks sosial dan budaya dalam penelitian mereka, sehingga teori yang dihasilkan lebih relevan dan dapat diterapkan dalam berbagai situasi.

Mengapa postpositivisme penting dalam pendidikan?

Postpositivisme penting dalam pendidikan karena paradigma ini membantu para pendidik dan peneliti untuk mengembangkan teori dan praktek pendidikan yang berdasarkan pada bukti empiris, namun tetap mempertimbangkan konteks sosial dan budaya. Dengan demikian, pendidikan dapat menjadi lebih efektif dan relevan bagi siswa.

Apa perbedaan antara positivisme dan postpositivisme dalam pendidikan?

Positivisme dan postpositivisme adalah dua paradigma yang berbeda dalam penelitian pendidikan. Positivisme menekankan pada pengetahuan yang objektif dan dapat diukur, sedangkan postpositivisme mengakui bahwa pengetahuan adalah tentatif dan selalu terbuka untuk revisi. Dalam konteks pendidikan, postpositivisme memandu pengembangan teori dan praktek pendidikan yang lebih fleksibel dan responsif terhadap konteks sosial dan budaya.

Bagaimana postpositivisme dapat diterapkan dalam praktek pendidikan?

Postpositivisme dapat diterapkan dalam praktek pendidikan dengan cara memandu pendidik untuk menggunakan bukti empiris dalam mengambil keputusan pendidikan, namun tetap mempertimbangkan konteks sosial dan budaya siswa. Dengan demikian, pendidikan dapat menjadi lebih efektif dan relevan bagi siswa.

Postpositivisme memainkan peran penting dalam pengembangan teori pendidikan. Paradigma ini membantu para pendidik dan peneliti untuk mengembangkan teori dan praktek pendidikan yang berdasarkan pada bukti empiris, namun tetap mempertimbangkan konteks sosial dan budaya. Dengan demikian, pendidikan dapat menjadi lebih efektif dan relevan bagi siswa. Selain itu, postpositivisme juga mempengaruhi cara peneliti melakukan penelitian, dengan menekankan pada pentingnya bukti empiris dan pertimbangan konteks sosial dan budaya.