Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Minat Belajar, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Boyolali Selama Pandemi
Pada penelitian ini, peneliti akan menginvestigasi pengaruh penerapan e-learning terhadap minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 2 Boyolali selama pandemi. Dalam situasi di mana kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah ditiadakan dan digantikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (daring), media belajar seperti power point, laboratorium virtual, dan penjelasan materi melalui zoom meeting digunakan.
Tahap pertama dalam penelitian ini adalah melakukan observasi awal di sekolah untuk meminta izin melakukan penelitian. Selanjutnya, peneliti akan bertemu dengan wali kelas X SMA N 2 Boyolali untuk melakukan wawancara terbatas mengenai kelas sampel yang akan diteliti.
Setelah mendapatkan izin untuk melakukan penelitian, peneliti akan melakukan wawancara kepada guru kelas X tentang minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar sebelum sistem daring diterapkan, serta setelah sistem daring berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang perbedaan dalam minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan e-learning.
Selanjutnya, peneliti akan melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan sistem daring dengan memanfaatkan e-learning. Setelah pembelajaran selesai, peneliti akan memberikan angket kepada siswa untuk mengevaluasi minat belajar mereka selama kegiatan daring. Selain itu, peneliti juga akan melakukan kuis untuk mengukur sejauh mana siswa memahami konsep materi. Hasil kuis akan diolah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan sistem belajar jarak jauh.
Setelah penelitian selesai, peneliti akan melakukan analisis data untuk memaparkan hasil penelitian. Pendekatan penelitian yang paling tepat untuk research ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini akan memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik, sehingga dapat dilakukan analisis statistik untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan e-learning terhadap minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa.
Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas penerapan e-learning dalam meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 2 Boyolali selama pandemi.