Dampak Psikologis Kebiasaan 'Cari Muka' pada Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

essays-star 4 (337 suara)

Mengenal 'Cari Muka' dalam Konteks Mahasiswa

'Cari Muka' adalah istilah yang sering digunakan dalam budaya Indonesia untuk menggambarkan perilaku seseorang yang berusaha mendapatkan pengakuan atau pujian dari orang lain. Dalam konteks mahasiswa, 'cari muka' bisa berarti berusaha menonjol di kelas, terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dengan tujuan mendapatkan pujian atau pengakuan dari dosen atau teman sekelas.

Dampak Psikologis 'Cari Muka' pada Mahasiswa

Dampak psikologis 'cari muka' pada mahasiswa bisa sangat signifikan. Salah satu dampak yang paling umum adalah peningkatan stres dan kecemasan. Mahasiswa yang terus-menerus berusaha 'cari muka' mungkin merasa tertekan untuk selalu tampil sempurna dan takut membuat kesalahan. Ini bisa berdampak negatif pada kesehatan mental mereka dan bahkan bisa menghambat proses pembelajaran mereka.

'Cari Muka' dan Pembelajaran Bahasa Inggris

Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, 'cari muka' bisa menjadi hambatan. Mahasiswa yang terlalu fokus pada 'cari muka' mungkin merasa takut untuk berbicara atau berpartisipasi dalam kelas karena takut membuat kesalahan dan kehilangan 'muka'. Ini bisa menghambat mereka dari belajar dan berlatih Bahasa Inggris, yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris mereka.

Cara Mengatasi Dampak Negatif 'Cari Muka'

Untuk mengatasi dampak negatif 'cari muka', penting bagi mahasiswa untuk memahami bahwa membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, membuat kesalahan dan belajar darinya adalah cara terbaik untuk meningkatkan. Selain itu, penting juga bagi dosen dan teman sekelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan tidak menekan, di mana mahasiswa merasa aman untuk berpartisipasi dan membuat kesalahan.

Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, 'cari muka' bisa menjadi hambatan yang serius. Namun, dengan pemahaman yang tepat dan lingkungan belajar yang mendukung, dampak negatifnya bisa diminimalkan. Penting bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran untuk memahami dan mengatasi dampak psikologis 'cari muka' ini.