Analisis Soal UN Matematika SMP 2018: Kegemaran Siswa SMP Tarun
Pada tahun 2018, siswa SMP Taruna dihadapkan pada Soal UN Matematika yang menantang. Salah satu soal yang menarik perhatian adalah tentang kegemaran siswa dalam berbagai olahraga. Soal ini mengharuskan siswa untuk menganalisis diagram yang menunjukkan kegemaran siswa dalam voli dan futsal. Diagram tersebut menunjukkan bahwa 54 siswa gemar bermain voli. Namun, soal ini menantang siswa untuk menentukan berapa banyak siswa yang gemar bermain futsal. Pilihan jawaban yang diberikan adalah (A) 86 orang, (B) 84 orang, (C) 83 orang, dan (D) 81 orang. Untuk menjawab soal ini, siswa perlu menggunakan logika dan pemahaman tentang diagram. Dalam diagram tersebut, tidak ada informasi langsung tentang berapa banyak siswa yang gemar bermain futsal. Namun, kita dapat menggunakan informasi yang ada untuk mencari jawaban yang tepat. Diketahui bahwa 54 siswa gemar bermain voli. Kita juga tahu bahwa jumlah siswa yang gemar bermain voli dan futsal harus sama dengan jumlah siswa yang gemar bermain voli. Oleh karena itu, jumlah siswa yang gemar bermain futsal harus sama dengan 54. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah (D) 81 orang. Sebanyak 81 siswa gemar bermain futsal. Dalam soal ini, siswa ditantang untuk menggunakan logika dan pemahaman tentang diagram untuk mencari jawaban yang tepat. Soal ini juga mengajarkan siswa tentang hubungan antara dua kelompok dalam sebuah diagram. Dengan memahami soal ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan analitis mereka dalam memecahkan masalah matematika. Dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang diagram dan kemampuan analitis sangat penting. Misalnya, dalam dunia bisnis, kita perlu menganalisis data dan diagram untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam dunia akademik, pemahaman tentang diagram dan kemampuan analitis membantu kita dalam memahami konsep-konsep yang kompleks. Dengan demikian, soal ini tidak hanya menguji kemampuan siswa dalam matematika, tetapi juga mengajarkan mereka keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.