Pertumbuhan Penggunaan Uang Elektronik BRIZZI Selama Ramadhan dan Lebaran 2024
Selama periode Ramadhan dan Lebaran 2024, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatat peningkatan signifikan sebesar 15 persen dalam jumlah transaksi uang elektronik BRIZZI dibandingkan dengan rata-rata transaksi pada bulan-bulan biasa. Peningkatan ini didorong oleh penggunaan BRIZZI untuk pembayaran tol saat mudik maupun arus balik Lebaran.
Direktur Retail Funding & Distribution BRI, Andrijanto, menjelaskan bahwa faktor-faktor seperti kemudahan top up saldo BRIZZI di BRImo dan penambahan titik akseptasi BRIZZI menjadi total kurang lebih 19.000 titik akseptasi turut mempengaruhi peningkatan tersebut. Selain itu, pembelian kartu BRIZZI juga dipermudah melalui sejumlah partner kerja sama, dengan distribusi khusus sebanyak 15.000 kartu di sepanjang tol Sumatera dan Jawa selama momen libur Lebaran.
Diperkirakan bahwa BRIZZI, sebagai medium transaksi uang elektronik, akan terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama didorong oleh elektronifikasi jalan tol dan digitalisasi merchant lokal. Hal ini menunjukkan tren perubahan perilaku masyarakat yang semakin banyak beralih dari transaksi tunai menjadi cashless, didukung oleh kemudahan pembayaran melalui teknologi digital BRI.
Transformasi digital yang telah dilakukan BRI juga memberikan dampak nyata, dengan transaksi digital mendominasi sebesar 99 persen dari total transaksi BRI. Perseroan terus melanjutkan transformasi digital dengan hybrid bank business model untuk meningkatkan penetrasi layanan keuangan serta menghadirkan layanan perbankan secara lebih efektif, efisien, dan terintegrasi sesuai dengan perjalanan literasi keuangan di Tanah Air.