Peran Teori Humanistik dalam Proses Belajar

essays-star 4 (341 suara)

Teori behavioristik dan teori kognitif memiliki pendekatan yang berbeda dalam menjelaskan proses belajar. Namun, teori humanistik berperan sebagai penengah antara kedua teori tersebut. Para peneliti dari Universitas Yale telah menyelidiki proses belajar dan mengapa pesan dapat mengubah sikap seseorang. Mereka menekankan bahwa persuasi melibatkan proses belajar argumen pesan dan bahwa perubahan sikap terjadi melalui serangkaian langkah. Skema Hovland yang ditunjukkan dalam Gambar 18 memberikan bukti yang cukup bahwa belajar adalah komponen penting dalam proses persuasi. Konsep tentang bagaimana seseorang memengaruhi dan dipengaruhi tidak terlepas dari cara manusia belajar melalui tahapan komunikasi. Semakin banyak orang belajar dan memahami argumen pesan, semakin besar kemungkinan mereka akan menerima posisi yang mendukung. John Dewey juga mengemukakan konsep teori belajar yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu bermain, kerja, dan simbol. Tahap bermain adalah tahap di mana seseorang melakukan aktivitas untuk kepuasan dalam aktivitas itu sendiri. Melalui proses bermain, anak-anak belajar mengembangkan berbagai kemampuan mereka, termasuk kognitif, psikomotorik, dan afektif. Tahap ini relevan dengan kurikulum di kebanyakan taman kanak-kanak atau pendidikan anak usia dini. Dalam tahap kerja, individu belajar melalui pengalaman nyata dan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka mengembangkan keterampilan dan pengetahuan melalui tugas-tugas yang mereka lakukan. Tahap ini berhubungan dengan pendidikan formal di sekolah. Tahap terakhir adalah tahap simbol, di mana individu menggunakan simbol-simbol seperti bahasa dan matematika untuk memahami dan menyampaikan informasi. Tahap ini terkait dengan pendidikan tinggi dan pengembangan keterampilan berpikir yang lebih kompleks. Dalam kesimpulannya, teori humanistik memainkan peran penting dalam proses belajar. Dengan memahami tahapan belajar seperti bermain, kerja, dan simbol, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan individu. Melalui pendekatan humanistik, individu dapat belajar dengan lebih efektif dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.