Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Statistika Mahasiswa Semester 5 pada Program Studi PG-PAUD dengan Pendekatan RME dan Open Ended
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada perbedaan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada program studi PG-PAUD yang diajar dengan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan pendekatan open ended. Data yang dikumpulkan adalah prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan RME (X1) dan prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan open ended (X2). Bagian: ① Rumusan Hipotesis: Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada program studi PG-PAUD yang diajar dengan pendekatan RME dan pendekatan open ended. ② Hasil Analisis dengan SPSS: Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji perbedaan prestasi belajar antara kedua kelompok mahasiswa. ③ Penerimaan atau Penolakan H0: Berdasarkan hasil analisis, kita dapat menentukan apakah hipotesis nol (H0) diterima atau ditolak. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada program studi PG-PAUD yang diajar dengan pendekatan RME dan pendekatan open ended.