Modul Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi

essays-star 4 (289 suara)

Pendahuluan: Modul Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini disusun sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. J/ Tahun 2016. Modul ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif dalam pembelajaran di tingkat SD/MI. Bagian: ① Bagian pertama: Materi yang disusun sesuai dengan kompetensi dasar pelajaran Kurikulum 2013, dengan tujuan memperdalam pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari. ② Bagian kedua: Ayo Berlatih, Ayo Lakukan, dan Ayo Bekerja Sama, berisi soal-soal dan aktivitas siswa pada setiap subbab yang bertujuan menguji kompetensi siswa dalam aspek pengetahuan dan keterampilan. Aktivitas ini mengacu pada HOTS (High Order Thinking Skills). ③ Bagian ketiga: Sikap yang Perlu Dimiliki, berisi nasihat untuk membentuk karakter peserta didik. Nasihat ini berhubungan dengan materi yang sedang disajikan, dengan tujuan peserta didik dapat mengembangkan karakter saat belajar materi tersebut. ④ Bagian keempat: Kini Kutahu, berisi informasi tambahan yang mendukung dan melengkapi materi yang sedang disajikan. Informasi ini ditempatkan sesuai dengan materi yang disajikan. ⑤ Bagian kelima: Penilaian Bab, berisi soal-soal yang disajikan pada setiap unit untuk menguji kompetensi siswa dalam aspek pengetahuan. Soal-soal ini juga mencakup soal HOTS untuk menguji kompetensi siswa dalam berpikir tingkat tinggi (penalaran). ⑥ Bagian keenam: Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester, berisi soal-soal yang disajikan pada tengah semester dan akhir semester untuk menguji kompetensi siswa dalam aspek pengetahuan. Kesimpulan: Modul Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini dirancang dengan sistematis dan efektif, sesuai dengan persyaratan Kurikulum 2013. Modul ini diharapkan dapat membantu guru, siswa, orang tua, dan pembaca lainnya dalam proses pembelajaran.