Strategi Pertemuan dalam Pengembangan Sikap Demokratis dan Bertanggung Jawab di Sekolah

essays-star 4 (303 suara)

Pertemuan Legislasi, Evaluasi Aturan, dan Perumusan Langkah Kegiatan merupakan strategi pengembangan sikap demokratis dan bertanggung jawab di sekolah. Melalui pertemuan ini, siswa dapat terlibat dalam merumuskan norma dan aturan, mengevaluasi pelaksanaannya, serta menetapkan prioritas kegiatan di bawah supervisi sekolah. Selain itu, pertemuan Evaluasi dan Balikan, Refleksi Belajar, Forum Siswa, dan Pemecahan Masalah juga menjadi bagian integral dari upaya pengembangan sikap demokratis dan bertanggung jawab di lingkungan pendidikan.

Dalam konteks ini, penting untuk memahami bahwa strategi pertemuan tersebut tidak hanya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir normatif, evaluatif, dan reflektif, tetapi juga mendorong mereka untuk bertanggung jawab atas pendapatnya, mendengarkan pendapat orang lain, dan terlibat dalam pemecahan masalah di lingkungan sekitar atau bahkan di tingkat nasional.

Dengan demikian, implementasi strategi pertemuan ini bukan hanya sekadar proses formal di sekolah, melainkan merupakan langkah nyata dalam membentuk karakter siswa sebagai individu yang demokratis, bertanggung jawab, dan mampu berperan aktif dalam masyarakat.