Transformasi Digital PT. Telkom Indonesia Tbk Menuju Society 5.
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indonesia. Telkom telah mengalami pertumbuhan dan perubahan yang signifikan seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan digitalisasi. Saat ini, Telkom membagi bisnisnya menjadi tiga Digital Business Domain utama, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.
Misi Telkom adalah mempercepat pembangunan infrastruktur digital cerdas yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat, mengembangkan talenta digital unggulan, dan mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Seluruh inisiatif pengembangan bisnis Telkom dilakukan secara strategis sesuai dengan potensi pasar dan kebutuhan masyarakat Indonesia, dengan fokus pada digitalisasi di berbagai bidang.
Telkom berkomitmen untuk mendukung digitalisasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan mempersiapkan diri untuk teknologi baru seperti 5G. Melalui penguatan digital connectivity, digital platform, dan digital services, Telkom siap untuk menangkap peluang dan terus bertumbuh secara berkelanjutan di masa depan.
Telkom juga ingin menciptakan bangsa yang mandiri dan berdaya saing melalui riset, inovasi, dan pembelajaran terintegrasi. Program-program seperti Micro Credential dan kolaborasi dengan Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) bertujuan untuk menyiapkan talenta digital muda Indonesia agar siap berkontribusi dalam era Society 5.0. ITDRI sebagai lembaga riset dan inovasi Telkom akan membantu mencetak digital-ready talents dan digital entrepreneurs guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Transformasi digital Telkom menuju Society 5.0 menunjukkan komitmen perusahaan dalam menghadapi tantangan masa depan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin digital yang handal.