Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Parang dalam Melaksanakan Sholat Dzuhur Berjamaah di Sekolah
Pendahuluan: Kedisiplinan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan siswa SMA Negeri 1 Parang. Salah satu bentuk kedisiplinan yang dapat diamati adalah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di sekolah. Artikel ini akan membahas pembiasaan sholat dzuhur berjamaah terhadap kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Parang dan hubungannya dengan pelaksanaan sholat berjamaah. Metode Penelitian: Untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis melakukan observasi langsung terhadap siswa SMA Negeri 1 Parang selama periode tertentu untuk mengamati pembiasaan sholat dzuhur berjamaah dan mengumpulkan data tentang kedisiplinan siswa. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pembiasaan sholat dzuhur berjamaah memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Parang. Siswa yang secara konsisten melaksanakan sholat dzuhur berjamaah cenderung memiliki tingkat kedisiplinan yang lebih tinggi dalam kegiatan sehari-hari. Mereka lebih teratur dalam menjalankan tugas-tugas sekolah, mengikuti aturan, dan menghormati waktu. Hubungan Pelaksanaan Sholat Berjamaah dengan Kedisiplinan Siswa: Pelaksanaan sholat berjamaah memiliki dampak positif terhadap kedisiplinan siswa. Ketika siswa secara rutin melaksanakan sholat berjamaah, mereka terbiasa dengan rutinitas yang terstruktur dan memiliki tanggung jawab untuk hadir tepat waktu. Hal ini membantu mengembangkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembiasaan sholat dzuhur berjamaah memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Parang. Pelaksanaan sholat berjamaah membantu siswa mengembangkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan orang tua memberikan perhatian yang lebih pada pembiasaan sholat dzuhur berjamaah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Catatan: Artikel ini berfokus pada hasil penelitian dan tidak mencakup teknik yang digunakan dalam penelitian.