Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN Kenjeran 248 melalui Pendekatan Penelitian

essays-star 4 (185 suara)

Pendahuluan: SDN Kenjeran 248 adalah sebuah sekolah dasar yang berlokasi di daerah Kenjeran, Surabaya. Sekolah ini memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa-siswinya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kualitas pembelajaran di sekolah ini mengalami penurunan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menemukan solusi yang tepat guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Kenjeran 248. Metode Penelitian: Dalam penelitian ini, kami akan menggunakan metode observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang kualitas pembelajaran di SDN Kenjeran 248. Observasi akan dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran di kelas-kelas yang ada. Wawancara akan dilakukan dengan guru-guru dan siswa-siswa untuk mendapatkan pandangan mereka tentang kualitas pembelajaran di sekolah ini. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran di SDN Kenjeran 248. Salah satu faktor utama adalah kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Guru-guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik minat siswa. Selain itu, kurangnya sumber daya dan fasilitas yang memadai juga menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran. Rekomendasi: Berdasarkan hasil penelitian, kami merekomendasikan beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Kenjeran 248. Pertama, guru-guru perlu dilatih dalam penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pelatihan ini dapat dilakukan melalui workshop dan pelatihan rutin. Selain itu, sekolah perlu meningkatkan sumber daya dan fasilitas yang ada, seperti memperoleh buku-buku dan alat pembelajaran yang lebih modern. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa kualitas pembelajaran di SDN Kenjeran 248 perlu ditingkatkan. Dengan mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta meningkatkan sumber daya dan fasilitas yang ada, diharapkan kualitas pembelajaran di sekolah ini dapat meningkat. Hal ini akan berdampak positif pada prestasi akademik siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.