Analisis Proses Pembelajaran tentang Sistem Pencernaan Manusia yang Dilakukan oleh Bu Manda di Kelas V SD
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Manda dalam mengajarkan IPA dengan topik organ tubuh manusia dan hewan, khususnya sistem pencernaan manusia, menunjukkan beberapa kegiatan penting.
1. Apersepsi tentang Organ Pencernaan
Bu Manda memberikan apersepsi kepada siswa mengenai sistem pencernaan pada manusia dan hewan, serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai terkait organ-organ pencernaan dan fungsinya.
2. Penggunaan Media Visual
Bu Manda menggunakan gambar sistem pencernaan manusia dan model sistem pencernaan manusia (torso anatomi manusia) untuk membantu siswa memahami letak dan fungsi organ-organ pencernaan.
3. Kegiatan Interaktif
Mengajak siswa untuk mencoba mengunyah dan menelan makanan guna merasakan jalannya proses pencernaan makanan melalui organ-organ pencernaan tersebut, serta melakukan tanya jawab tentang nama-nama organ pernapasan manusia.
4. Evaluasi Hasil Belajar
Meskipun telah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran secara interaktif, hasil evaluasi belajar tidak sesuai harapan dengan hanya 8 dari 25 siswa yang mencapai nilai 75 ke atas.
Dalam analisis ini juga akan dibahas faktor-faktor positif maupun negatif selama proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi capaian hasil belajar siswa.