Panduan Pemahaman Mata Pelajaran PKL: Membangun Karakter dan Keterampilan di Dunia Kerj
Mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bagian penting dari kurikulum SMK, bertujuan untuk mengembangkan karakter dan budaya kerja, meningkatkan keterampilan, dan menyiapkan kemandirian peserta didik. Menurut Kepmendikbudristek, SMK/MAK bersama mitra dunia kerja harus membuat rencana pembelajaran yang mencakup Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Perencanaan Pembelajaran sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) yang tercantum dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 033/H/KR/2022. Panduan mata pelajaran PKL ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi penyelenggara PKL dalam menyelenggarakan PKL yang efektif. Panduan mata pelajaran PKL ini mencakup berbagai aspek, termasuk implementasi mata pelajaran PKL dalam Kurikulum Merdeka, mulai dari perencanaan pembelajaran, strategi implementasi, asesmen hasil belajar peserta didik, dan penjaminan mutu. Selain itu, panduan ini juga mencakup pelaksanaan PKL di dunia kerja dan hal-hal yang harus diperhatikan, seperti berbasis proses bisnis dan mengikuti Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku di dunia kerja. Panduan ini juga mencakup evaluasi pelaksanaan PKL, yang merupakan bagian penting dari proses. Panduan mata pelajaran PKL ini bertujuan untuk memberikan acuan bagi penyelenggara PKL dalam menyelenggarakan PKL yang efektif, sehingga peserta didik dapat mengembangkan karakter dan budaya kerja, meningkatkan keterampilan, dan menjadi kemandirian. Panduan ini juga bertujuan untuk memandu sekolah dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam pelaksanaan PKL, seperti yang dijelaskan dalam Permendikbud Nomor 50 Tahun 2020. Dengan mengikuti panduan ini, penyelenggara PKL dapat memastikan bahwa PKL diselenggarakan dengan efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi peserta didik. Secara keseluruhan, panduan mata pelajaran PKL ini adalah alat penting bagi penyelenggara PKL dalam menyelenggarakan PKL yang efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi peserta didik. Dengan mengikuti panduan ini, penyelenggara PKL dapat memastikan bahwa PKL diselenggarakan dengan efektif dan membantu peserta didik mengembangkan karakter dan budaya kerja, meningkatkan keterampilan, dan menjadi kemandirian.