Perkembangan Kemampuan Anak dalam Mengenali dan Mengomunikasikan Informasi
Dalam proses pembelajaran, salah satu capaian yang diharapkan adalah kemampuan anak dalam mengenali dan memahami berbagai informasi, serta mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media. Dalam hal ini, Bu Risna sedang menganalisis dan mengolah hasil asesmen terkait capaian pembelajaran ini. Setelah mengumpulkan data, Bu Risna menjelaskan capaian pembelajaran menjadi perilaku yang diharapkan serta melakukan identifikasi data otentik dari kolom perilaku yang diharapkan. Dalam narasi yang dituliskan, Bu Risna memberikan contoh perkembangan muridnya yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Contoh narasi yang tepat untuk menjelaskan capaian pembelajaran di atas adalah Andi sudah dapat mengenal dan memahami berbagai informasi dengan baik. Ia mampu mengidentifikasi objek-objek di sekitarnya, mengenali warna, bentuk, dan ukuran dengan akurat. Selain itu, Andi juga mampu mengomunikasikan perasaan dan pikirannya dengan jelas melalui bahasa lisan dan tulisan. Ia sering berbagi cerita dan pengalaman dengan teman-temannya, serta mampu mengekspresikan pendapatnya dalam diskusi kelompok. Dengan demikian, perkembangan kemampuan anak dalam mengenali dan mengomunikasikan informasi telah mencapai hasil yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Risna telah efektif dalam mengembangkan kemampuan anak dalam hal ini.