Meningkatkan Kesiapan Peserta Didik dalam Menggunakan Teknologi dalam Sistem Pembelajaran: Inovasi yang Diperlukan Menurut Para Ahli

essays-star 4 (209 suara)

Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam sistem pembelajaran telah menjadi suatu keharusan. Peserta didik harus siap menghadapi perubahan ini dan memanfaatkan teknologi dengan baik. Namun, seberapa siap peserta didik dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran? Apakah mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup? Dalam artikel ini, kita akan melihat pentingnya meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi dalam sistem pembelajaran sebagai inovasi yang diperlukan, berdasarkan pandangan para ahli. Para ahli pendidikan sepakat bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Smith dan Jones (2018), ditemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan partisipasi peserta didik. Dengan adanya teknologi, peserta didik dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menarik, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar. Namun, untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, peserta didik harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup. Menurut Johnson (2019), kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi meliputi pemahaman tentang dasar-dasar teknologi, keterampilan komunikasi digital, dan kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif. Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk memberikan pelatihan dan pendidikan yang memadai kepada peserta didik agar mereka dapat mengembangkan keterampilan ini. Selain itu, meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi juga dapat membantu mereka menghadapi tantangan di dunia kerja. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh World Economic Forum (2020), keterampilan digital akan menjadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan di masa depan. Dalam era digital ini, hampir semua pekerjaan membutuhkan pemahaman tentang teknologi dan kemampuan untuk menggunakan alat-alat digital. Oleh karena itu, dengan meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi, kita dapat membantu mereka untuk lebih siap menghadapi dunia kerja yang semakin digital. Dalam rangka meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi dalam sistem pembelajaran, lembaga pendidikan dapat mengadopsi beberapa inovasi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah penggunaan platform pembelajaran online. Dengan menggunakan platform ini, peserta didik dapat belajar secara mandiri dan fleksibel, serta dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Selain itu, lembaga pendidikan juga dapat menyediakan pelatihan dan sertifikasi dalam bidang teknologi kepada peserta didik, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan. Dalam kesimpulan, meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi dalam sistem pembelajaran merupakan inovasi yang diperlukan. Dengan meningkatkan kesiapan ini, peserta didik dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam pembelajaran, serta siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu mengadopsi inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menggunakan teknologi.