Analisis Distribusi Frekuensi Hasil Ulangan Matematika 80 Sisw
Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi hasil ulangan matematika dari 80 siswa. Data yang diberikan adalah sebagai berikut: \begin{tabular}{llllllllll} 70 & 73 & 93 & 90 & 43 & 86 & 65 & 93 & 38 & 76 \\ 79 & 83 & 68 & 67 & 85 & 57 & 68 & 92 & 83 & 91 \\ 35 & 72 & 48 & 99 & 78 & 70 & 86 & 87 & 72 & 93 \\ 63 & 80 & 71 & 71 & 98 & 81 & 75 & 74 & 49 & 74 \\ 88 & 91 & 73 & 74 & 89 & 90 & 76 & 80 & 88 & 56 \\ 70 & 77 & 92 & 71 & 63 & 95 & 82 & 67 & 79 & 83 \\ 84 & 97 & 63 & 61 & 80 & 81 & 72 & 75 & 70 & 90 \\ 66 & 60 & 88 & 53 & 91 & 80 & 74 & 60 & 82 & 81 \end{tabular} Dalam analisis ini, kita akan menggunakan metode distribusi frekuensi untuk mengorganisir data dan memahami pola yang muncul. Distribusi frekuensi adalah cara untuk mengelompokkan data ke dalam kategori-kategori dan menghitung berapa kali setiap kategori muncul. Pertama, kita perlu menentukan rentang data. Rentang data adalah selisih antara nilai tertinggi dan nilai terendah dalam data. Dalam kasus ini, rentang data adalah 99 - 35 = 64. Selanjutnya, kita perlu menentukan jumlah kategori yang akan digunakan dalam distribusi frekuensi. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah kategori, seperti aturan Sturges atau aturan Scott. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan aturan Sturges, yang mengatakan bahwa jumlah kategori sebaiknya sekitar 1 + 3.3 * log(n), di mana n adalah jumlah data. Dalam kasus ini, n = 80, sehingga jumlah kategori yang direkomendasikan adalah sekitar 7. Setelah menentukan jumlah kategori, kita dapat membagi rentang data menjadi interval-interval yang sama. Dalam kasus ini, rentang data adalah 64, sehingga setiap interval akan memiliki panjang 64/7 = 9.14 (dibulatkan menjadi 9). Berikut adalah tabel distribusi frekuensi untuk data hasil ulangan matematika 80 siswa: \begin{tabular}{|c|c|} \hline Interval & Frekuensi \\ \hline 30 - 39 & 2 \\ 40 - 49 & 3 \\ 50 - 59 & 4 \\ 60 - 69 & 12 \\ 70 - 79 & 19 \\ 80 - 89 & 23 \\ 90 - 99 & 17 \\ \hline \end{tabular} Dari tabel distribusi frekuensi di atas, kita dapat melihat bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai antara 70 dan 89. Jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 90 juga cukup signifikan, dengan 17 siswa mencapai nilai tersebut. Analisis distribusi frekuensi ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang distribusi hasil ulangan matematika dari 80 siswa. Dengan memahami pola yang muncul, kita dapat mengidentifikasi area yang perlu diperhatikan dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam kesimpulan, distribusi frekuensi adalah metode yang berguna untuk mengorganisir data dan memahami pola yang muncul. Dalam analisis distribusi frekuensi hasil ulangan matematika 80 siswa, kita melihat bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai antara 70 dan 89. Analisis ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika.