Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Skor TOEFL Mahasiswa Universitas Brawijaya

essays-star 4 (408 suara)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Skor TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris dalam konteks akademik. Di Universitas Brawijaya, banyak mahasiswa berusaha untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi untuk berbagai alasan, termasuk persyaratan beasiswa, studi lanjutan, atau peluang kerja. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi skor TOEFL mahasiswa.

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam individu itu sendiri. Faktor ini mencakup motivasi, sikap, dan kebiasaan belajar. Motivasi adalah dorongan yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks TOEFL, motivasi bisa berupa keinginan untuk mendapatkan beasiswa, melanjutkan studi, atau mendapatkan pekerjaan yang baik. Sikap terhadap belajar juga mempengaruhi skor TOEFL. Mahasiswa yang memiliki sikap positif terhadap belajar bahasa Inggris cenderung mendapatkan skor yang lebih tinggi. Selain itu, kebiasaan belajar juga mempengaruhi skor TOEFL. Mahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik, seperti belajar secara teratur dan efektif, cenderung mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar individu. Faktor ini mencakup lingkungan belajar, metode pengajaran, dan sumber belajar. Lingkungan belajar yang kondusif dapat membantu mahasiswa belajar lebih efektif. Metode pengajaran yang baik juga dapat membantu mahasiswa memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, sumber belajar yang baik, seperti buku, kursus online, dan aplikasi belajar, juga dapat membantu mahasiswa belajar lebih efektif.

Pengaruh Faktor-Faktor tersebut terhadap Skor TOEFL

Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi skor TOEFL mahasiswa Universitas Brawijaya dalam berbagai cara. Misalnya, mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi cenderung belajar lebih keras dan lebih sering, yang dapat meningkatkan skor TOEFL mereka. Demikian pula, mahasiswa yang belajar dalam lingkungan yang kondusif dan menggunakan metode pengajaran yang baik juga cenderung mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Dalam rangkuman, faktor-faktor yang mempengaruhi skor TOEFL mahasiswa Universitas Brawijaya mencakup faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup motivasi, sikap, dan kebiasaan belajar, sementara faktor eksternal mencakup lingkungan belajar, metode pengajaran, dan sumber belajar. Mengenali dan memahami faktor-faktor ini dapat membantu mahasiswa meningkatkan skor TOEFL mereka.