Pemikiran Socrates tentang Pendidikan
Pendahuluan: - Artikel ini akan membahas pandangan filsuf Socrates (470-399 SM) mengenai pendidikan. - Socrates adalah salah satu pemikir besar dalam sejarah filsafat Barat yang sangat mempengaruhi teori dan praktik pendidikan. Pemikiran Socrates tentang Pendidikan: 1. Metode Pengajaran Socrates - Socrates menggunakan metode pemikiran kritis untuk mendorong siswa belajar berpikir cermat, menguji diri, dan memperbaiki pengetahuannya. - Guru tidak boleh memaksakan gagasan atau pengetahuannya, melainkan menuntun siswa untuk mengembangkan pemikirannya sendiri. - Tujuan pendidikan adalah merangsang penalaran yang cermat dan disiplin. 2. Peran Guru menurut Socrates - Guru bertugas menuntun siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan pemikirannya sendiri. - Guru tidak boleh memaksakan gagasan atau pengetahuannya kepada siswa. Kesimpulan: - Socrates memandang pendidikan sebagai upaya untuk merangsang penalaran kritis dan disiplin mental siswa. - Metode pengajaran Socrates menekankan pada pengembangan pemikiran mandiri siswa, bukan pada transfer pengetahuan dari guru ke siswa.