Hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill pada Sisw
Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill pada siswa. Data yang digunakan adalah hasil tes Grammar Skill dan Reading Skill dari sejumlah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kedua keterampilan tersebut. Pertama-tama, langkah-langkah persamaan Diva akan digunakan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill. Dalam langkah ini, akan dilakukan analisis statistik untuk melihat apakah terdapat korelasi antara kedua variabel tersebut. Selanjutnya, hipotesis statistik akan dirumuskan. Hipotesis ini akan menggambarkan hubungan yang diharapkan antara Grammar Skill dan Reading Skill. Misalnya, hipotesis dapat menyatakan bahwa semakin tinggi Grammar Skill, semakin tinggi pula Reading Skill. Setelah itu, akan dilakukan uji statistik yang tepat untuk membuktikan hipotesis tersebut. Salah satu uji statistik yang dapat digunakan adalah uji korelasi Pearson. Uji ini akan mengukur sejauh mana hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill. Alasan memilih uji ini adalah karena uji korelasi Pearson dapat mengukur hubungan linier antara dua variabel. Selanjutnya, akan dihitung persentase Variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Variabel Grammar Skill. Persentase ini akan menggambarkan seberapa besar pengaruh Grammar Skill terhadap Reading Skill. Misalnya, jika persentase tersebut adalah 70%, artinya 70% variasi dalam Reading Skill dapat dijelaskan oleh Grammar Skill. Terakhir, jika terdapat hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill, akan dilakukan analisis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Grammar Skill terhadap Reading Skill. Dalam analisis ini, akan dirumuskan persamaan regresi dan dihitung nilai koefisien determinasi (R-squared) untuk menunjukkan seberapa besar variasi dalam Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Grammar Skill. Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill pada siswa. Hasil penelitian ini dapat berguna dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.