Penilaian Hasil Karya Siswa pada Kegiatan Kerajinan dari Limbah Kain/Plastik/Kaleng dalam Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

essays-star 3 (310 suara)

Dalam kegiatan pembelajaran tema 2 Gaya Hidup Berkelanjutan, siswa-siswa kelas 7 diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan membuat kerajinan dari limbah kain, plastik, atau kaleng. Selain sebagai sarana untuk mengasah keterampilan mereka, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya daur ulang dan pengelolaan limbah. Dalam penilaian hasil karya siswa, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu keindahan, kerapian, kreativitas, dan kekompakan. Setiap kelas akan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria tersebut. Berikut adalah tabel penilaian hasil karya siswa untuk setiap kelas: \begin{tabular}{c|c|c|c|c|l} \hline \multirow{2}{*}{ No } & \multirow{2}{*}{ Kelas } & \multicolumn{4}{|c}{ Kriteria Penilaian } \\ \hline & & Keindahan & Kerapian & Kreatifitas & Kekompakan \\ \hline 1 & 7A & & & & \\ \hline 2 & 7B & & & & \\ \hline 3 & \( 7 \mathrm{C} \) & & & & \\ \hline 4 & \( 7 \mathrm{D} \) & & & & \\ \hline 5 & \( 7 \mathrm{E} \) & & & & \\ \hline 6 & \( 7 \mathrm{~F} \) & & & & \\ \hline 7 & \( 7 \mathrm{G} \) & & & & \\ \hline 8 & \( 7 \mathrm{H} \) & & & & \\ \hline 9 & 71 & & & & \\ \hline \end{tabular} Dalam penilaian keindahan, siswa akan dinilai berdasarkan sejauh mana hasil karya mereka menarik secara visual. Faktor-faktor seperti warna, bentuk, dan tekstur akan menjadi pertimbangan dalam penilaian ini. Kerapian juga menjadi kriteria penilaian yang penting. Siswa diharapkan dapat membuat kerajinan dengan rapi dan teratur. Kebersihan dan ketepatan dalam menyusun bahan-bahan juga akan menjadi pertimbangan dalam penilaian ini. Kreativitas merupakan aspek penting dalam penilaian hasil karya siswa. Siswa diharapkan dapat menghasilkan kerajinan yang unik dan inovatif. Penggunaan limbah kain, plastik, atau kaleng yang kreatif akan menjadi nilai tambah dalam penilaian ini. Kekompakan juga menjadi kriteria penilaian yang penting. Siswa diharapkan dapat bekerja sama dalam membuat kerajinan. Kerjasama tim dan kekompakan dalam menyusun bahan-bahan akan menjadi pertimbangan dalam penilaian ini. Dengan adanya penilaian hasil karya siswa, diharapkan siswa dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat kerajinan dari limbah kain, plastik, atau kaleng. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya daur ulang dan pengelolaan limbah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.