Pembelajaran Sains tentang Konsep Benda Terapung, Tenggelam, dan Melayang pada Anak Usia Dini

essays-star 4 (286 suara)

Pada penelitian yang dilakukan oleh Nurtina Irsad Rusdiani dan Betty Yulia Wulansari (2023) dengan judul "Pembelajaran Sains Tentang Penanaman Konsep Benda Terapung, Tenggelam dan Melayang Pada Kelompok B RA Al Munawwaroh Ponorogo", ditemukan bahwa pembelajaran tentang konsep benda terapung, tenggelam, dan melayang pada anak usia dini (AUD) dapat dilakukan melalui eksperimen menggunakan telur dan air tawar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini melalui sebuah eksperimen kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer yang digunakan adalah guru dari TK tersebut, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah jurnal penelitian dan dokumentasi foto. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan eksperimen telur dan air tawar dapat meningkatkan antusiasme anak dalam belajar tentang konsep benda terapung, tenggelam, dan melayang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini, penting untuk menggunakan metode eksperimen agar anak dapat lebih memahami konsep yang diajarkan. Melalui eksperimen telur dan air tawar, anak-anak dapat melihat secara langsung bagaimana benda dapat terapung, tenggelam, atau melayang di dalam air. Hal ini membantu mereka untuk memahami konsep tersebut dengan lebih baik. Dengan demikian, pembelajaran sains tentang konsep benda terapung, tenggelam, dan melayang pada anak usia dini dapat dilakukan melalui eksperimen yang melibatkan telur dan air tawar. Metode ini dapat meningkatkan antusiasme anak dalam belajar dan membantu mereka untuk memahami konsep tersebut dengan lebih baik. Pembelajaran sains pada anak usia dini sangat penting untuk mengembangkan minat dan pemahaman mereka terhadap ilmu pengetahuan sejak dini.