Membentuk Kelas: Proses Normalisasi dan Pemilihan Tokoh

essays-star 4 (241 suara)

Pendahuluan: Dalam proses membentuk sebuah kelas, tahap normalisasi adalah langkah penting yang harus diambil oleh anggota-anggota baru. Tahap ini memungkinkan anggota-anggota untuk saling mengenal, menetapkan aturan-aturan, dan menemukan cara komunikasi yang tepat. Dengan begitu, mereka dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan kelas. Bagian 1: Pemilihan Ketua Kelas Pada tahap normalisasi, anggota-anggota baru biasanya memilih ketua kelas. Ketua kelas bertanggung jawab untuk memimpin dan mengkoordinasikan semua aktivitas kelas. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua anggota kelas terlibat dan mendapatkan manfaat dari kelas. Bagian 2: Pemilihan Wakil Kelas Selain ketua kelas, anggota-anggota baru juga memilih wakil kelas. Wakil kelas bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan ketua kelas dan menghadiri pertemuan kelas. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua anggota kelas terdeng mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan. Bagian 3: Pemilihan Sekretaris 1 dan 2 Selain itu, anggota-anggota baru juga memilih sekretaris 1 dan 2. Sekretaris 1 bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas kelas dan membagikannya kepada anggota-anggota lain. Sekretaris 2 bertanggung jawab untuk mengelola kertas kelas dan memastikan bahwa semua anggota kelas memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan. Bagian 4: Pemilihan Bendahara 1 dan 2 Terakhir, anggota-anggota baru juga memilih bendahara 1 dan 2. Bendahara 1 bertanggung jawab untuk mengelola dana kelas dan memastikan bahwa semua anggota kelas memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan. Bendahara 2 bertanggung jawab untuk mengelola kelas dan memastikan bahwa semua anggota kelas memiliki akses ke peralatan yang mereka butuhkan. Kesimpulan: Proses normalisasi dan pemilihan tokoh adalah langkah penting dalam membentuk sebuah kelas. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, anggota-anggota baru dapat saling mengenal, menetapkan aturan-aturan, dan menemukan cara komunikasi yang tepat. Dengan begitu, mereka dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan kelas dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.