Fungsi Pengawasan Kuantitas dan Kualitas dalam Manajemen
Pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting untuk memastikan bahwa apa yang dilaksanakan atau hasil yang dicapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Proses pengawasan melibatkan serangkaian tahapan sehingga dapat dianggap sebagai suatu sistem, dimana setiap tahapan memberikan informasi dan data penting untuk perbaikan perencanaan selanjutnya.
Dalam konteks pengawasan kuantitas, fokus utamanya adalah pada aliran sistem dari perolehan bahan mentah hingga menjadi produk atau jasa akhir. Hal ini melibatkan proses input, proses pengolahan, dan output produk atau jasa. Pengawasan kuantitas bertujuan untuk memastikan kelancaran proses produksi serta pemenuhan jumlah barang atau jasa sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Sementara itu, pengawasan kualitas berfokus pada memastikan bahwa barang atau jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan memenuhi fungsi-fungsinya dengan baik pula. Tujuan dari pengawasan kualitas adalah agar konsumen mendapatkan produk atau layanan yang berkualitas tinggi serta sesuai dengan harapan mereka.
Secara keseluruhan, fungsi pengawasan kuantitas dan kualitas dalam manajemen sangatlah vital karena membantu organisasi untuk mencapai tujuan mereka secara efektif dan efisien. Dengan adanya kontrol terhadap jumlah produksi serta mutu barang/jasa, manajer dapat mengidentifikasi potensi masalah sejak dini dan melakukan tindakan perbaikan jika diperlukan guna meningkatkan performa organisasi secara keseluruhan.