Perbedaan dan Keterkaitan antara Kurikulum Terpadu dan Pembelajaran Terpadu
Dunia pendidikan saat ini semakin maju dengan adopsi metode-metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan. Dua konsep yang sering dibicarakan dalam konteks ini adalah kurikulum terpadu dan pembelajaran terpadu. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam perencanaan dan pelaksanaan, keduanya idealnya saling melengkapi. Pembelajaran terpadu sebaiknya didasarkan pada kurikulum terpadu. Pembelajaran terpadu adalah pendekatan baru dalam pendidikan yang menekankan pada merancang butir-butir pembelajaran yang ditujukan untuk menguntai tema, topik, pemahaman, dan keterampilan yang diperoleh siswa sebagai pembelajaran secara utuh dan padu. Dengan kata lain, pembelajaran terpadu adalah pendekatan yang menghubungkan, merakit, atau menggabungkan sejumlah konsep dari berbagai mata pelajaran yang beranjak dari suatu tema tertentu sebagai pusat perhatian untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara simultan. Pembelajaran terpadu didasarkan pada landasan filosofis, landasan psikologis, dan landasan praktis. Landasan filosofis mencakup progresivisme, konstruktivisme, dan humanisme. Landasan psikologis mencakup psikologi perkembangan dan psikologi belajar. Landasan praktis didasarkan pada prinsip-prinsip perkembangan dunia pengetahuan, pemberian pelajaran di sekolah secara terpisah, kolaborasi antara mata pelajaran, dan adanya kesenjangan yang terjadi antara teori dan praktek. Meskipun kurikulum terpadu dan pembelajaran terpadu memiliki perbedaan dalam perencanaan dan pelaksanaan, keduanya idealnya saling melengkapi. Kurikulum terpadu lebih fokus pada perencanaan dan struktur pembelajaran, sedangkan pembelajaran terpadu lebih fokus pada pelaksanaan dan pengalaman belajar. Dengan menggabungkan kedua pendekatan ini, pendidikan dapat menjadi lebih holistik dan efektif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Dalam kesimpulan, perbedaan antara kurikulum terpadu dan pembelajaran terpadu adalah penting untuk dipahami. Namun, penting juga untuk melihat bagaimana keduanya dapat saling melengkapi dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan menggabungkan kedua pendekatan ini, pendidikan dapat menjadi lebih holistik dan efektif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa.