Pentingnya Memahami Penggunaan Code-Switching dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Pendahuluan Dalam era globalisasi saat ini, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris menjadi semakin penting. Banyak orang yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, seringkali terjadi penggunaan code-switching, yaitu penggabungan dua atau lebih bahasa dalam percakapan atau kalimat oleh individu yang bilingual. Pengertian code-switching adalah penggunaan dua atau lebih bahasa dalam percakapan yang dilakukan oleh individu bilingual (Gardner-Chloros, 2009). Hal ini terjadi secara tidak sistematis, di mana individu yang bilingual mencampuradukkan dua bahasa dalam percakapan (Cantone, 2007). Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, code-switching seringkali terjadi di kelas bilingual, di mana para siswa cenderung menggunakan kombinasi dua atau lebih variasi bahasa dalam proses pembelajaran (Eldgridge, 1996). Namun, sejauh mana penggunaan code-switching dalam pembelajaran bahasa Inggris? Apa fungsi-fungsi code-switching dalam percakapan? Dan bagaimana persepsi para pengguna code-switching? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan 43 siswa tingkat dasar dan empat guru mereka di dua kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Partisipan dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner kepada siswa dan guru, serta wawancara dengan sampel terpilih. Hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa penggunaan code-switching oleh siswa cukup tinggi. Penggunaan code-switching oleh guru bahkan lebih tinggi dari yang diharapkan. Dalam hal pola inisiasi, penggunaan code-switching yang diinisiasi oleh siswa cukup tinggi, sedangkan dalam hal tingkat kalimat, penggunaan code-switching antar-kalimat sedikit lebih tinggi daripada penggunaan code-switching dalam kalimat. Analisis fungsi percakapan menunjukkan bahwa baik siswa maupun guru menggunakan code-switching terutama untuk meta-bahasa, yaitu fungsi yang digunakan untuk membicarakan tata bahasa atau tugas bahasa. Persepsi semua partisipan tentang code-switching tumpang tindih dalam hal mereka percaya bahwa code-switching adalah alat yang meningkatkan pembelajaran pada tingkat pemula dan dapat digunakan untuk menarik perhatian atau lelucon, namun sebaiknya dihapuskan seiring dengan peningkatan tingkat kemahiran. Dalam penelitian ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang penggunaan code-switching dalam pembelajaran bahasa Inggris, fungsi-fungsi code-switching dalam percakapan, dan persepsi para pengguna code-switching. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan code-switching, diharapkan pembelajaran bahasa Inggris dapat menjadi lebih efektif dan efisien.