Analisis Observasi Sehari-hari di Sekolah
Dalam kegiatan observasi sehari-hari di sekolah, kami menemukan berbagai perbedaan menarik antara fasilitas dan perilaku di lingkungan sekolah. Mulai dari kantin hingga toilet, serta aktivitas di lapangan basket dan kelas, setiap area memiliki ciri khasnya sendiri. Ketika melihat kantin sekolah dari luar kelas, kami memperhatikan bahwa kantin Mek Kadek memiliki jajanan yang lebih lengkap daripada kantin Mekdi. Hal ini menunjukkan variasi pilihan makanan yang tersedia bagi siswa di sekolah. Selain itu, saat melewati toilet, kami menyadari bahwa toilet laki-laki cenderung lebih kotor dibandingkan dengan toilet perempuan. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor tertentu dalam kebersihan dan kesadaran pengguna. Selama observasi, anggota kelompok kami menunjukkan tingkat antusiasme yang berbeda-beda. Adi Muliyawan terlihat paling antusias dalam melakukan observasi keluar kelas dibandingkan dengan anggota kelompok lainnya. Sementara itu, Eki tampak lebih rajin dalam mencatat hasil observasi daripada Ariama. Perbedaan ini menunjukkan variasi dalam motivasi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan observasi. Ketika menuju lapangan basket, kami melihat perbedaan tingkat kebisingan antara kelas 7d dan 7b, di mana kelas 7d terlihat lebih ribut. Namun, kelas 7f menjadi kelas yang paling ramai dibandingkan dengan kelas lainnya. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh dinamika sosial dan kegiatan belajar mengajar di setiap kelas. Di dekat patung Saraswati, kami melihat teman-teman kami sedang mencari kalimat untuk tugas. Agus Sanjaya terlihat paling rajin dalam membuat tugas dibandingkan dengan laki-laki lainnya yang cenderung lebih banyak bercanda. Perilaku ini mencerminkan perbedaan dalam pendekatan belajar siswa di sekolah. Saat bel berbunyi menandakan berakhirnya jam pelajaran, kami menyadari bahwa kelas kami pulang paling awal karena memiliki jadwal olahraga paling pagi dibandingkan dengan kelas lainnya. Perbedaan jadwal ini memberikan gambaran tentang variasi aktivitas ekstrakurikuler di sekolah. Dengan demikian, melalui kegiatan observasi sehari-hari di sekolah, kami dapat melihat beragam perbedaan dan pola perilaku yang menarik di lingkungan pendidikan. Hal ini memberikan wawasan tambahan bagi kami sebagai siswa untuk lebih memahami dinamika sekolah dan interaksi antar siswa.