Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang Pendidikan Dasar dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah dengan mengacu pada standar kompetensi Julusan, standar isi, serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dalam pengembangannya, kurikulum ini didasarkan pada beberapa prinsip-prinsip yang penting.
Pertama, kurikulum berpusat pada potensi perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta lingkungannya. Prinsip ini menekankan bahwa peserta didik memiliki posisi sentral dalam mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik harus disesuaikan dengan potensi perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan mereka serta tuntutan lingkungan.
Kedua, kurikulum harus bersifat beragam dan terpadu. Artinya, kurikulum harus memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang pendidikan, jenis pendidikan, agama, suku budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender tanpa melakukan diskriminasi. Kurikulum juga harus meliputi muatan wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
Ketiga, kurikulum harus tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kurikulum harus didasarkan pada pemahaman bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum harus mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan tersebut secara tepat.
Keempat, kurikulum harus relevan dengan kebutuhan kehidupan. Pengembangan kurikulum harus melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk memastikan bahwa pendidikan memiliki relevansi dengan kebutuhan kehidupan, termasuk kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan hal yang sangat penting.
Kelima, kurikulum harus menyeluruh dan berkesinambungan. Substansi kurikulum harus mencakup semua dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan, dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan di semua jenjang pendidikan.
Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, pengembangan kurikulum dapat memastikan bahwa pendidikan yang diberikan kepada peserta didik relevan, beragam, terpadu, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang baik akan membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi mereka dan menjadi individu yang siap menghadapi tantangan kehidupan.