Bentuk Sederhana dari \( : 24 n:\left(-\frac{4}{3}\right) \)
Dalam matematika, sering kali kita dihadapkan pada ekspresi yang kompleks dan sulit untuk disederhanakan. Salah satu tugas yang sering diberikan kepada siswa adalah untuk menyederhanakan ekspresi matematika menjadi bentuk yang lebih sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menyederhanakan ekspresi matematika yang melibatkan pembagian dan bilangan pecahan. Ekspresi yang akan kita bahas kali ini adalah \( : 24 n:\left(-\frac{4}{3}\right) \). Untuk menyederhanakan ekspresi ini, kita perlu memahami konsep dasar pembagian dan bilangan pecahan. Pertama, mari kita lihat pembagian. Ketika kita membagi dua bilangan, kita dapat mengubahnya menjadi perkalian dengan membalik bilangan yang kita bagi. Misalnya, jika kita ingin membagi 8 dengan 2, kita dapat mengubahnya menjadi 8 x \(\frac{1}{2}\). Selanjutnya, mari kita lihat bilangan pecahan. Bilangan pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah angka di atas garis pecahan, sedangkan penyebut adalah angka di bawah garis pecahan. Misalnya, dalam pecahan \(\frac{3}{4}\), 3 adalah pembilang dan 4 adalah penyebut. Sekarang, mari kita kembali ke ekspresi awal kita, \( : 24 n:\left(-\frac{4}{3}\right) \). Untuk menyederhanakan ekspresi ini, kita perlu mengubah pembagian menjadi perkalian dengan membalik bilangan yang kita bagi. Jadi, ekspresi ini dapat disederhanakan menjadi \( \times 24 n \times \left(-\frac{3}{4}\right) \). Dalam ekspresi ini, kita dapat mengalikan 24 dengan n dan \(-\frac{3}{4}\) untuk mendapatkan bentuk sederhana dari ekspresi awal. Hasilnya adalah \( -18n \). Dengan demikian, bentuk sederhana dari \( : 24 n:\left(-\frac{4}{3}\right) \) adalah \( -18n \). Dalam matematika, menyederhanakan ekspresi adalah keterampilan yang penting untuk dipelajari. Dengan memahami konsep dasar pembagian dan bilangan pecahan, kita dapat dengan mudah menyederhanakan ekspresi matematika yang kompleks. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami dan menguasai keterampilan ini.