Hubungan Antara Motivasi Guru dan Kinerja Guru: Studi Kasus pada 25 Guru Sosial
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara motivasi guru dan kinerja guru dalam konteks pendidikan sosial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan terhadap 25 guru sosial yang bekerja di sekolah-sekolah tertentu. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tingkat motivasi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja mereka. Dalam analisis menggunakan uji korelasi parsial, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi guru dan kinerja guru. Semakin tinggi tingkat motivasi guru, semakin baik pula kinerja mereka dalam mengajar dan membimbing siswa. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa faktor-faktor lain seperti dukungan dari kepala sekolah, lingkungan kerja yang kondusif, dan penghargaan yang diberikan kepada guru juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah dan pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih pada faktor-faktor tersebut guna meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Dalam konteks pendidikan sosial, motivasi guru memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi siswa untuk belajar. Guru yang memiliki motivasi tinggi akan lebih bersemangat dalam mengajar dan memberikan pengarahan kepada siswa. Hal ini akan berdampak positif pada prestasi akademik dan perkembangan sosial-emosional siswa. Dalam rangka meningkatkan motivasi guru, pihak sekolah dapat melakukan berbagai upaya seperti memberikan pelatihan dan pengembangan profesional secara berkala, memberikan penghargaan dan pengakuan atas prestasi guru, serta menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung. Selain itu, penting juga bagi guru untuk memiliki motivasi intrinsik yang kuat, yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri dan bukan hanya dari faktor eksternal. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi guru dan kinerja guru dalam konteks pendidikan sosial. Motivasi guru memiliki peran yang penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi siswa untuk belajar. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah dan pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih pada faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru.