Produksi Konten Bersama: Menciptakan Pesan Positif Melalui Media Sosial

essays-star 4 (390 suara)

Produksi konten bersama merupakan salah satu strategi efektif dalam mempromosikan visi dan misi sebuah institusi. Dalam konteks ini, tim peneliti telah mengumpulkan data dan membuat skrip untuk konten video singkat di Instagram dan TikTok, serta video yang lebih panjang untuk YouTube. Naskah-naskah ini dirancang dengan alur yang jelas dan pesan yang kuat, dengan durasi ideal antara 30 hingga 60 detik. Tujuan utama adalah untuk menjelaskan pentingnya keberagaman kampus dan mahasiswa, serta menampilkan hal-hal positif dari lingkungan mereka. Pengambilan gambar dan video dilakukan di lokasi-lokasi strategis di lingkungan kampus UNIMED, menampilkan keunikan dan keberagaman mahasiswa. Selain itu, tim peneliti menggunakan berbagai media editing untuk menyempurnakan hasilnya, menambahkan efek visual, transisi, subtitle, dan musik latar yang relevan untuk memperkuat pesan pada konten agar tampilannya menarik namun tetap informatif. Video konten yang telah diproduublikasikan di platform Instagram, TikTok, dan YouTube agar semua dapat melihatnya dan bisa mengubah cara pikir terhadap penggunaan media sosial dengan mengurangi postingan negatif yang akan merusak integrasi nasional. Tiap postingan yang telah dibagikan, tim peneliti memberikan hashtag "BersatuKitaKuat" dan "KeberagaamanUNIMED" di mana hashtag ini akan membantu meningkatkan visibilitas konten di media sosial. Untuk memastikan bahwa konten tersebut dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa, tim peneliti bekerja untuk membagikan konten tersebut kepada mahasiswa-mahasiswa untuk meminta pendapat mereka dan apakah ada pengaruh dari konten tersebut. Konten tersebut paling utama dibagikan kepada mahasiswa yang mengatakan bahwa media sosial hanya merusak pola pikir mereka, sehingga mengetahui apakah mereka masih berpendapat demikian setelah melihat konten tersebut. Dengan mengad pendekatan ini, tim peneliti berharap dapat menunjukkan bahwa media sosial juga dapat digunakan untuk menampilkan hal-hal positif dari lingkungan kampus dan mahasiswa, serta menginspirasi mereka untuk mengadopsi pandangan yang lebih positif terhadap penggunaan media sosial.