Memahami Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia 4-6 Tahun: Persamaan dan Perbedaa
Sebagai calon guru PAUD, memahami perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun adalah hal yang sangat penting. Dalam modul 3, kita diajarkan tentang berbagai aspek perkembangan ini, termasuk koordinasi, keseimbangan, dan keterampilan motorik halus. Dalam pengamatan saya, saya memilih satu anak laki-laki dan satu anak perempuan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan perkembangan mereka. Anak laki-laki yang saya amati menunjukkan keterampilan motorik kasar yang baik, seperti berlari, melompat, dan melempar bola. Dia juga mampu menggenggam dan memegang alat dengan tangan yang kuat. Di sisi lain, anak perempuan yang saya amati lebih cenderung menggunakan gerakan halusnya, seperti menggambar dan memotong kertas dengan gunting. Dia juga lebih cenderung bermain dengan mainan yang membutuhkan keterampilan motorik halus, seperti puzzle dan balok bangunan. Meskipun ada perbedaan dalam keterampilan motorik kasar dan halus antara kedua anak tersebut, mereka sama-sama menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam koordinasi dan keseimbangan. Kedua anak mampu berjalan dengan stabil dan melakukan gerakan sederhana dengan keseimbangan yang baik. Mereka juga mampu mengikuti instruksi sederhana dan meniru gerakan yang mereka lihat. Kesimpulan: Dari pengamatan saya, saya menyimpulkan bahwa perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis kelamin dan pengalaman belajar. Sebagai calon guru PAUD, penting untuk memahami bahwa setiap anak unik dan memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Dengan memahami persamaan dan perbedaan dalam perkembangan fisik-motorik anak, kita dapat lebih baik mendukung dan memfasilitasi perkembangan mereka, membantu mereka mencapai potensi penuh mereka.