Perubahan Konsep Kesalehan dalam Kebudayaan Jerman
Dalam kebudayaan Jerman, konsep kesalehan telah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Salah satu contoh perubahan ini dapat ditemukan dalam karya sastra Heliand, sebuah berita Injil bersajak yang disusun di Jerman Utara pada sekitar tahun 850. Namun, perubahan yang lebih signifikan terjadi beberapa abad kemudian, terutama dalam tulisan-tulisan Bernhard dari Clairvaux (1090-1153). Bernhard terinspirasi oleh pemikiran bahwa Kristus menjadi seorang anak kecil dan menderita sengsara untuk keselamatan umat manusia. Baginya, bukanlah kepahlawanan Kristus yang paling berkesan, melainkan kelemahan-Nya. Oleh karena itu, cita-cita kesalehannya adalah mengikuti teladan Yesus yang miskin dan menderita. Selain itu, lingkungan sukubangsa-sukubangsa German juga mempengaruhi konsep kesalehan dalam kebudayaan mereka. Dalam masyarakat German, agama merupakan salah satu alat untuk menjamin kesejahteraan masyarakat. Pimpinan negara juga memiliki tanggung jawab di bidang agama. Sebagai contoh, setelah menjadi Kristen, raja-raja German bertindak sebagai kepala Gereja di daerahnya. Mereka memiliki kekuasaan untuk menentukan siapa yang akan diangkat menjadi uskup, bahkan pada abad ke-10 dan ke-11, paus-paus sendiri diangkat oleh raja-raja Jerman. Raja-raja German juga campur tangan dalam hal ajaran dan tertib Gereja. Namun, meskipun sukubangsa-sukubangsa German telah masuk ke dalam Gereja, banyak unsur kekafiran yang tetap ada dalam kehidupan mereka. Beberapa unsur ini awalnya ditolak oleh Gereja, tetapi kemudian mempengaruhi pandangan resmi Gereja. Di sisi lain, ada juga unsur kekafiran yang berhasil diberantas oleh Gereja. Gereja juga melakukan ujian untuk menentukan kesalahan atau ketidakbenaran seseorang, seperti kebiasaan untuk menunjukkan kemauan kakak (tertuduh) melalui ujian api. Jika kakinya tidak luka, orang tersebut dianggap tidak bersalah. Gereja berhasil melunakkan perang dan mengurangi kekerasan dalam kebudayaan Jerman. Dengan demikian, perubahan konsep kesalehan dalam kebudayaan Jerman dapat dilihat dari perubahan fokus dari kepahlawanan Kristus menjadi kelemahan-Nya, serta campur tangan raja-raja German dalam urusan Gereja. Meskipun demikian, unsur kekafiran tetap ada dalam kehidupan masyarakat German, meskipun beberapa di antaranya berhasil diberantas oleh Gereja.