Keberagaman Hayati di Kolam Sekolah

essays-star 4 (180 suara)

Kolam di sekolah merupakan tempat yang sering digunakan oleh murid-murid untuk berenang dan bermain air. Namun, kolam tersebut juga memiliki keunikan lainnya, yaitu keberadaan berbagai macam ikan yang hidup di dalamnya. Hal ini memberikan kesempatan bagi murid-murid untuk belajar tentang keberagaman hayati. Pada suatu hari, Pak Abdallah, guru kelas 3, mengajak murid-muridnya untuk berenang dan mengadakan perlombaan menangkap ikan. Setiap murid diberikan sebuah jaring dan mereka diminta untuk menangkap sebanyak mungkin ikan. Beberapa murid berhasil menangkap ikan, seperti Fauzi dan Tham yang masing-masing menangkap 2 ekor ikan nila dan 2 ekor ikan mas. Ika berhasil menangkap 2 ekor ikan mujair, sedangkan Ani dan Abidin berhasil menangkap 1 ekor ikan mas. Sachi menjadi yang paling berhasil dengan menangkap 3 ekor ikan sepat. Namun, tidak semua murid berhasil menangkap ikan, ada yang merasa sedih dan kecewa karena tidak mendapat kesempatan atau tidak berhasil menangkap ikan. Setelah bermain air, murid-murid diminta untuk kembali ke kelas dan menghitung jumlah ikan yang berhasil mereka tangkap. Mereka juga diminta untuk menuliskan siapa yang paling banyak mendapatkan ikan dan jumlah total ikan yang tertangkap. Selanjutnya, murid-murid diminta untuk memasukkan cacing, makanan ikan kemasan, dan kerupuk ke dalam kolam, serta mengamati gerakan ikan-ikan tersebut. Setiap murid juga diminta untuk bercerita tentang ikan yang ada di dalam kolam dan mencoba menangkap salah satu ikan yang ada di dalam kolam. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi murid-murid. Mereka dapat melihat secara langsung keberagaman hayati yang ada di kolam sekolah mereka. Selain itu, mereka juga belajar tentang tanggung jawab dalam merawat ikan dan menjaga kebersihan kolam. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian murid-murid terhadap lingkungan hidup dan keberagaman hayati.