TPACK dan Pembelajaran Mandiri di LMS: Analisis Tipe Pembelajara
Pembelajaran mandiri di kelas digital (LMS) adalah aktivitas belajar yang semakin populer di kalangan pendidik. Dalam aktivitas ini, pendidik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS. TPACK, atau pengetahuan teknologi, konten, dan pedagogi, adalah konsep yang sangat penting dalam aktivitas belajar ini. Dalam aktivitas belajar ini, pendidik menggunakan pengetahuan teknologi (TK) untuk mengakses video pembelajaran dan mempelajari materi. Mereka juga menggunakan pengetahuan konten (CK) untuk memahami dan menafsirkan materi. Selain itu, pendidik menggunakan pengetahuan pedagogi (PK) untuk merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran mandiri mereka. Dengan menggabungkan pengetahuan teknologi, konten, dan pedagogi, pendidik dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik. TPK, atau pengetahuan teknologi dan pedagogi, adalah aspek penting dari TPACK yang memungkinkan pendidik untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran mereka. Dalam aktivitas belajar ini, pendidik menggunakan TPK untuk mengakses video pembelajaran dan mempelajari materi. Mereka juga menggunakan PK untuk merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran mandiri mereka. Dengan menggabungkan TPK dan PK, pendidik dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik. Secara keseluruhan, aktivitas belajar mandiri di LMS adalah contoh yang bagus dari bagaimana TPACK dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Dengan menggabungkan pengetahuan teknologi, konten, dan pedagogi, pendidik dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik.