Pentingnya Kegiatan Pembelajaran yang Variatif dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun
Kebutuhan akan kegiatan pembelajaran yang variatif dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun semakin penting dalam pendidikan anak usia dini. Dalam kasus yang dihadapi oleh Ibu Tati, seorang guru PAUD, terdapat beberapa informasi yang dapat diidentifikasi. Pertama, Ibu Tati menggunakan kegiatan menggambar dengan krayon sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak didiknya. Setiap anak diberikan selembar kertas dan sekotak krayon untuk membuat gambar. Namun, hasil karya anak-anak tidak sesuai dengan harapannya, kecuali Riana yang memiliki hasil yang agak lebih baik. Kedua, Ibu Tati merasa kecewa dengan hasil karya anak-anak didiknya yang tidak sesuai dengan harapannya. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah kegiatan yang dipilih dan dilaksanakan oleh Ibu Tati tepat untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak-anak tersebut. Ketiga, terdapat faktor penyebab mengapa sebagian besar gambar yang dihasilkan anak-anak keluar dari garis pada bagian-bagian tertentu. Faktor-faktor ini perlu dianalisis untuk memahami mengapa hasil karya anak-anak tidak memuaskan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pentingnya kegiatan pembelajaran yang variatif dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Selain itu, akan diberikan penjelasan mengenai apakah kegiatan yang dilakukan oleh Ibu Tati tepat atau tidak, serta faktor-faktor penyebab mengapa hasil karya anak-anak tidak sesuai dengan harapannya.