Pengaruh Jumlah Kertas Origami, Buku Tulis, dan Kertas Karton terhadap Permukaan yang Dicakup
Dalam kegiatan ini, kami akan mengeksplorasi pengaruh jumlah kertas origami, buku tulis, dan kertas karton terhadap permukaan yang dicakup. Kami akan melakukan percobaan dengan meletakkan sejumlah kertas origami, buku tulis, dan kertas karton pada kertas karton kecil dan besar tanpa celah. Kami akan mengamati dan menghitung berapa banyak permukaan yang tercakup oleh masing-masing benda.
Langkah pertama dalam kegiatan ini adalah membentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Setelah itu, kami akan meletakkan sejumlah kertas origami pada kertas karton kecil tanpa celah dan mengamati hasilnya. Kami akan mencatat berapa banyak permukaan yang tercakup oleh kertas origami.
Langkah berikutnya adalah meletakkan sejumlah buku tulis pada kertas karton kecil tanpa celah dan mengamati hasilnya. Kami akan mencatat berapa banyak permukaan yang tercakup oleh buku tulis.
Selanjutnya, kami akan meletakkan sejumlah uang kertas mainan pada kertas karton kecil tanpa celah dan mengamati hasilnya. Kami akan mencatat berapa banyak permukaan yang tercakup oleh uang kertas mainan.
Kami akan mengulangi langkah-langkah 2-4 pada kertas karton besar dan mencatat hasilnya. Setelah itu, kami akan menghitung berapa banyak kertas origami, buku tulis, dan uang kertas mainan yang tercakup oleh permukaan kertas karton kecil dan besar.
Setelah melakukan percobaan, kami akan mendiskusikan hasilnya bersama anggota kelompok. Kami akan membandingkan jumlah kertas origami, buku tulis, dan kertas karton yang tercakup oleh kertas karton kecil. Apakah jumlahnya sama atau berbeda?
Kemudian, kami akan membandingkan jumlah buku tulis, kertas origami, dan kertas karton yang tercakup oleh kertas karton besar. Apakah jumlahnya sama atau berbeda?
Dari hasil diskusi, kami akan menulis kesimpulan yang kami peroleh dari aktivitas ini. Kami juga akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas untuk berbagi temuan kami dengan teman-teman sekelas.
Dengan melakukan kegiatan ini, kami berharap dapat memahami pengaruh jumlah kertas origami, buku tulis, dan kertas karton terhadap permukaan yang dicakup. Kami juga berharap dapat meningkatkan pemahaman kami tentang matematika dan logika.