Metode Problem Based Learning dalam Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan cara atau prosedur yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran yang tepat dan menarik dapat membangkitkan minat belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang muncul adalah Problem Based Learning (PBL). PBL didasarkan pada asumsi bahwa guru harus mampu menarik minat alami peserta didik untuk menyelidiki dan menciptakan. PBL memiliki beberapa ciri khas. Pertama, permasalahan menjadi titik awal dalam belajar. Permasalahan yang diangkat adalah permasalahan dunia nyata yang tidak terstruktur. PBL juga membutuhkan perspektif ganda dalam memecahkan permasalahan. Permasalahan yang dihadapi menantang pengetahuan, sikap, dan kompetensi peserta didik, sehingga membutuhkan identifikasi kebutuhan belajar dan bidang baru dalam belajar. Dalam PBL, belajar pengarahan diri menjadi hal yang sama pentingnya dengan penugasan isi pengetahuan. Pemanfaatan sumber pengetahuan yang beragam, penggunaannya, dan evaluasi sumber informasi merupakan proses yang esensial dalam PBL. Belajar dalam PBL juga bersifat kolaboratif, komunikatif, dan kooperatif. Pengembangan keterampilan inquiry dan pemecahan masalah sama pentingnya dengan penugasan isi pengetahuan. PBL melibatkan evaluasi dan review pengalaman peserta didik serta proses belajar. Pelaksanaan PBL dalam pembelajaran memiliki beberapa keuntungan. Pertama, PBL menantang kemampuan peserta didik dan memberikan kepuasan dalam menemukan pengetahuan baru. PBL juga meningkatkan motivasi dan aktivitas pembelajaran peserta didik. Selain itu, PBL membantu peserta didik dalam mentransfer pengetahuan untuk memahami masalah dunia nyata. PBL juga membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan baru dan bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan. PBL dapat mendorong peserta didik untuk melakukan evaluasi sendiri terhadap hasil dan proses belajar mereka. Selain itu, PBL juga mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan mengaplikasikan pengetahuan dalam dunia nyata. Dengan PBL, peserta didik memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan minat mereka, bahkan setelah pendidikan formal berakhir. PBL juga memudahkan peserta didik dalam memecahkan masalah dunia dengan menerapkan konsep-konsep yang dipelajari. Dalam pembelajaran, metode Problem Based Learning dapat menjadi pilihan yang efektif untuk meningkatkan minat dan keterampilan belajar peserta didik. Dengan memanfaatkan permasalahan dunia nyata, PBL dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.