Mengkonstektualisasi materi pelajaran dengan realitas sosial: studi kasus di Taman Kanak-kanak Aba 1V Mangli Jember tahun 2016

essays-star 4 (231 suara)

Pengajaran dan pembelajaran telah mengalami transformasi signifikan selama bertahun-tahun, dan salah satu perubahan yang paling signifikan adalah mengkonstektualisasi materi pelajaran dengan realitas sosial. Studi kasus yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Aba 1V Mangli Jember tahun 2016 menunjukkan bahwa mengkonstektualisasi materi pelajaran dapat memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan aspek sosial anak usia dini. Studi tersebut menemukan bahwa ketika materi pelajaran dikaitkan dengan realitas sosial, anak-anak lebih cenderung terlibat dan tertarik pada pelajaran. Ini karena materi pelajaran yang dikonstektualisasi relevan dan berarti bagi kehidupan sehari-hari mereka, sehingga mereka lebih cenderung melihat nilai pelajaran tersebut. Selain itu, studi tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak yang menghadiri kelas yang mengkonstektualisasi materi pelajaran lebih cenderung menunjukkan perkembangan aspek sosial yang lebih baik, seperti kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Mengkonstektualisasi materi pelajaran dengan realitas sosial dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan contoh dunia nyata, mengajarkan nilai-nilai sosial, dan mengorganisir kegiatan yang mempromosikan kerja sama dan komunikasi. Dengan menggabungkan realitas sosial ke dalam pelajaran, guru dapat membantu anak-anak menghubungkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga mereka lebih cenderung mengingat dan menerapkan konsep-konsep tersebut. Sebagai kesimpulan, studi kasus yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Aba 1V Mangli Jember tahun 2016 menunjukkan bahwa mengkonstektualisasi materi pelajaran dengan realitas sosial dapat memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan aspek sosial anak usia dini. Dengan menggabungkan realitas sosial ke dalam pelajaran, guru dapat membantu anak-anak menghubungkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan kehidupan sehari-hari mereka, sehingga mereka lebih cenderung mengingat dan menerapkan konsep-konsep tersebut.