Pengertian dan Karakteristik Program Komunikasi (PPK)

essays-star 4 (229 suara)

Program Komunikasi (PPK) adalah upaya yang dilakukan untuk merancang suatu program komunikasi dengan tujuan mengkampanyekan, menyosialisasikan, atau mempromosikan suatu produk, program, barang, jasa, atau lembaga kepada khalayak sasarannya. PPK bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Nama lain dari program komunikasi ini adalah komunikasi instrumental. Sven Windahl, Benno H. Signitzer, dan Jean T. Olson (1992: 19) menyebutkan bahwa kampanye komunikasi adalah sebuah usaha terencana dari seorang pengirim (sender) untuk memengaruhi khalayak (audience) melalui satu atau seperangkat pesan dengan tujuan tertentu. Oleh karena adanya tujuan yang tertentu inilah program komunikasi atau kampanye komunikasi ini disebut pula dengan perencanaan komunikasi instrumentalis. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari perencanaan komunikasi instrumentalis: 1. Pekerjaan yang bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tetapi dengan penekanan kepada perencanaan jangka panjang (long-term planning). 2. Usaha komunikasi yang direncanakan dari bawah (bottom-up) bukan komunikasi yang dilakukan dari atas (top-down), artinya, isi pesan komunikasi didasarkan atas hasil penggalian terhadap aspirasi dan kebutuhan khalayak. 3. Komunikasi dengan tujuan yang lebih umum dan luas sebagai lawan dari kampanye yang memiliki tujuan khusus dan pasti (fixed). Syarat ini tampaknya lebih cocok untuk kampanye sosial, seperti kampanye kesehatan, penyuluhan pertanian. 4. Komunikasi yang dilihat dari kepentingan penerima, bukan dari kepentingan pengirim. Ini terkait dengan karakteristik nomor 2) di atas. Sekalipun pemilik program/perencana komunikasi memiliki kepentingan tertentu, tetapi hendaknya tidak mengabaikan kepentingan khalayak. Berdasarkan empat karakteristik tersebut, dapat disimpulkan bahwa perencanaan komunikasi instrumentalis memiliki jangkauan pendek maupun jangka panjang (short and long-term planning), mengakar ke bawah (bottom-up), berorientasi pada kepentingan penerima, dan memiliki tujuan yang lebih umum dan luas. Dengan memahami pengertian dan karakteristik PPK, kita dapat lebih efektif dalam merancang dan melaksanakan program komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi khalayak sasaran.